Multimedia
Multimedia merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Gunung Meriah. Seiring dengan berkembangnya teknologi, multimedia juga ikut bersemi. Museum-museum seni sudah mulai ditinggalkan, bahkan banyak yang sudah membuka galeri online. Tak terpungkiri, pekerjaan multimedia sekarang lebih banyak ditawarkan, dan universitas akan berusaha mengakomodasi kesempatan ini.
Tujuan Jurusan:
Menghasilkan tenaga pelaksana di bidang tehnis periferal grafis yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap sebagai tenaga pelaksana yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan mampu menghadapi kemajuan tekhnologi berlandaskan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
- Mengembangkan citra dan animasi digital
- Mengembangkan laman (web) interaktif
- Merekam dan menyunting audio-video
- Mengembangkan aplikasi multimedia interaktif
Bidang yang Bisa Ditekuni di Multimedia?
Desain Grafis dan Ilustrasi
Bidang ini Mengajarkan tentang warna, tipografi, psikologi. Contoh dari tugas tugasnya adalah membuat komik, poster. Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, CorelDraw.
Audio atau Musik
multimedia yang mengajarkan musik sebagai salah satu aspek yang mensupport bidang bidang lain. Contoh dari tugasnya: Membuat lagu (digital ataupun analog), membuat background music untuk game, film.
Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, sound effect maker.
Game Design
Mempelajari berbagai macam type game, scenario, bahasa pemgrograman game. Untuk penjurusan di bidang game, penulis menganjurkan untuk mengambil murid spesifik di bidang game tertentu (genre), misalnya : 2d, 3d, casual game, role playing game, multiplayer game.
Software yang dipakai : Flash, 3D Max.
Karir: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester
3d Designer dan Animator
Terlihat sangat menarik, tapi termasuk sulit, orang-orang yang menekuni bidang ini biasanya detail oriented.
Contoh dari tugasnya: Mempelajari biologi makhluk hidup, terutama untuk karakter, animation, membuat kota 3D
Software yang dipakai: Maya, 3D Max, Avid, After Effect.
Karir: Di broadcast (TV), animator, 3D logo designer, character designer, animator.
Film
Membuat film, mewawancara, scenario, cinematography.
Contoh dari tugasnya: Membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip
Software yang dipakai: Avid, Adobe After Effect
Karir: Broadcast(TV), Producer, Animator, Kameraman, Editor, Actor.
Web Design and Development
Bidang ini berkonsentrasi dalam membuat website, biasanya tidak tersedia untuk 4 tahun pelajaran, hanya merupakan salah satu cabang penjurusan (tahun ketiga dan keempat).
Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website.
Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.
Fotografi
Bidang ini juga biasanya adalah bidang penjurusan, termasuk bidang mahal karena harga alat alatnya yang tak terjangkau oleh mahasiswa mahasiswi.
Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer.
Adapun Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dipelajari di SMK Negeri 1 Sekadau khususnya Jurusan Multimedia yaitu sebagai berikut :
Fasilitas Laboratorium Multimedia dan Alat Penunjang Pembelajara
1. Komputer 15 Unit
2. Kipas Angin
3. Infokus
4. Kamera Nikon DSLR 3200
5. Kamera Video Sony D100
6. Toolkit
7. Vacum Cleaner
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Merakit personal computer ( 072.A.01)
|
1.1 Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi 1.2 Melakukan instalasi komponen PC 1.3 Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer 1.4 Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi) 1.5 Menyambung periferal menggunakan software 1.6 Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal |
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar ( 072.A.02)
|
2.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi 2.2 Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual 2.3 Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling) 2.4 Melakukan troubleshooting |
3. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH) ( 072.A.03)
|
3.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) 3.2 Melaksanakan prosedur K3 3.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup 3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan. |
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Memahami etimologi multimedia ( 072.B.01)
|
1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia 1.2 Menjelaskan multimedia content production 1.3 Menjelaskan multimedia communication |
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia ( 072.B.02)
|
2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia 2.2 Menjelaskan proses production multimedia 2.3 Menjelaskan proses post productionmultimedia |
3. Merawat peralatan multimedia ( 072.B.03)
|
3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia 3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia 3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia |
4. Mengelola isi halaman web ( 072.B.04)
|
4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dancurrency 4.2 Memeriksa links dan navigasi 4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan 4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan |
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi ( 072.B.05)
|
5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video 5.2 Mengoperasikan kamera video 5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar 5.4 Mengoperasikan kamera 5.5 Menata kabel-kabel kamera 5.6 Mengoperasikan clapper board |
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia ( 072.B.06)
|
6.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana) 6.2 Membuat sketsa 6.3 Menggambar perspektif 6.4 Menggambar objek 6.5 Menggambar ilustrasi |
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi ( 072.B.07)
|
7.1 Menjelaskan syarat animasi 7.2 Membuat gambar kunci 7.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci |
8. Menguasai cara menggambarclean-up dan sisip ( 072.B.08)
|
8.1 Mendeskripsikan gambar yang asli 8.2 Membuat gambar-gambar asli 8.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi 8.4 Membuat gambar tiga dimensi |
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) ( 072.B.09)
|
9.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi 9.2 Membuat model warna dan tempat warna |
10. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia ( 072.B.10) |
10.1 Menggunakan software teks multimedia 10.2 Mendesain teks multimedia |
11. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia ( 072.B.11)
|
11.1 Mengedit gambar digital 11.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D 11.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D 11.4 Menampilkan karya seni digital 2D |
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia ( 072.B.12)
|
12.1 Menggunakan kamera digital 12.2 Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia 12.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D |
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia ( 072.B.13)
|
13.1 Menjabarkan format audio digital 13.2 Menggunakan software audio digital 13.3 Merancang audio digital 13.4 Membangun track audio digital |
14. Membuat story board aplikasi multimedia ( 072.B.14)
|
14.1 Mengidentifikasi kebutuhan 14.2 Merencanakan alur isi story board 14.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board |
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya ( 072.B.15) |
15.1 Menjelaskan dasar tata cahaya 15.2 Menjelaskan efek cahaya 15.3 Menyiapkan operasi lighting |
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi ( 072.A.16)
|
16.1 Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus 16.2 Menginstallasi software efek khusus 16.3 Membuat efek khusus pada obyek |
17. Menyusun proposal penawaran ( 072.B.17)
|
17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek 17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan 17.3 Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada 17.4 Membuat proposal 17.5 Membuat pengajuan permohonan tender. |
18. Mengoperasikan softwarepresentasi ( 072.B.18)
|
18.1 Mempersiapkan software presentasi 18.2 Mengaplikasikan fitur-fitur notes, hyperlink, animasi, transisi 18.3 Mengorganisasikan file presentasi sesuai kebu-tuhan tertentu 18.4 Mengintegrasikan file presentasi dengan objek lain seperti: spreadsheet, grafik, objek lain 18.5 Melakukan presentasi otomatis |
19. Mengoperasikan Periferal Untuk Grafis ( 072.B.19)
|
19.1 Menyalakan dan menyiapkan penggunaanperiferal grafis 19.2 Mengoperasikan periferal grafis |
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Fotografi |
1.1 Mengidentifikasi bagian-bagian kamera fotografi 1.2 Mengidentifikasi aturan dalam pemotretan objek (Third of Rules) 1.3 Menata pencahayaan 1.4 Memotret objek 1.5 Memproses hasil pemotretan |
2. Desain Interior dan Exterior |
|